Tip Membut Readmore Wordpress Hosting Sendiri

Halo teman-teman apakabar hari ini, setelah kemaren saya posting cara membuat readmore di blogspot, dan tip SEO dasar untuk pemula, untuk kali ini saya akan sedikit berbagi tentang mebuat read more otomatis pada wrodpress. Sebenarnya bisa juga sih dilakukan membuat read more secara manual, yaitu dengan cara setiap kali posting, kemudian masuk tab html, kemudian klik more, sebelumnya tentukan dulu pada kalimat mana kita akan membuat red more, setelah di klik nanti akan muncul , nah Anda bisa menambahkan , dengan sendirinya kata read more akan berubah menjadi selanjutnya. namun cara ini agak ribet, karena kita harus membuatnya setiap kali membuat postingan, apalagi jika cara anda ngeblog memakai autoblog, wp robot, atau yang serba auto-autoan tentunya akan sangat berguna memakai readmore otomatis.


Hal yang kita butuhkan yang pertama adalah plugin Advance excerpt, pluginnya gratis koq search aja di dashboard wordpress anda atau bisa download langsung di http://wordpress.org/extend/plugins/advanced-excerpt/. Nah setelah instalasi tinggal disetting pada 'Read-more' untuk settingannya sbb:
Untuk text: isikan kata sesuka Anda misalnya selanjutnya.
Untuk keep mark up, jangan centang don't remove any markup.
Kemudian pada bagian bawahnya tinggal sesuaikan keinginan anda, apabila anda tidak menginginkan gambar ikut dalam read more hapus centang pada img, dan juga untuk fungsi yang lainnya.

Pada beberapa themes wordpress plugin diatas tidak bisa berjalan dengan baik namun bisa diatasi dengan cara berikut,
1. Masuk ke Theme Editor. Edit file index.php
2. Cari code berikut:
<div>
<?php the_content('Read more...'); ?>
3. Nah sekarang ganti code berikut:  <?php the_content('Read more...'); ?> 
dengan code ini:   <?php the_excerpt(); ?>
Tidak semua nanti kode yang ditemukan seperti contoh diatas, pada intinya ganti kode tersebut dengan kode diatas. Apabila Anda ingin membuat read more juga pada halaman archive dan search caranya juga hampir sama ganti kode:
?php the_content('Read more…'); ?&gt;
di archives.php – search.php yang dapat Anda temukan pada editor themes Anda.

Setiap Blog wordpress memiliki settingan yang berbeda-beda, ada yang bisa memakai plugin diatas sudah bisa readmore secara otomatis, ada juga yang hanya mengganti kode seperti cara yang kedua, ada juga yang harus digabung antara cara satu dan dua. Saya sendiri lebih suka menggabung kedua cara diatas, hasil yang saya dapat kan juga lebih rapi.

Selamat mencoba semoga berhasil.